Jangan Salah Sangka, Perkembangan Teknologi Juga Bisa Memberikan Dampak Buruk - Lapis Tiga

Jangan Salah Sangka, Perkembangan Teknologi Juga Bisa Memberikan Dampak Buruk

Perkembangan teknologi merupakan salah satu hal yang selalu dinantikan oleh seluruh manusia di muka bumi ini. Sederhana saja, hal tersebut dikarenakan aktivitas manusia yang akan semakin dimudahkan oleh teknologi yang ada. Manusia yang menggunakan teknologi sekarang ini akan menjalankan kegiatan atau pekerjaannya dengan lebih cepat sehingga semakin banyak waktu yang dimiliki untuk melakukan kegiatan yang lain.

Selain mengerjakan suatu hal yang penting untuk keberlangsungan hidup manusia, keberadaan teknologi nyatanya juga sangat membantu terhadap berbagai aspek kehidupan manusia yang lain. Manusia yang menggunakan teknologi dirasa akan semakin mudah untuk mendapatkan hiburan.

Hiburan tersebut bisa berupa hal sederhana dengan bermain game atau dengan menonton video yang menghibur di salah satu platform yang tersedia. Namun, sayangnya keberadaan perkembangan teknologi sekarang ini bagaikan dua belah mata pisau. Selain membawa manfaat yang sangat menakjubkan, perkembangan teknologi nyatanya juga memberikan dampak negatif yang semakin sering terasa.

Momen tidak lagi dirasakan, manusia hanya sibuk mengabadikannya

Jangan Salah Sangka, Perkembangan Teknologi Juga Bisa Memberikan Dampak Buruk

Adakah yang menyadari kecenderungan manusia untuk selalu bersama telepon pintarnya semakin mengganggu kehidupan orang lain. Dahulu, sebelum perkembangan teknologi mengambil alih hampir sebagian besar kehidupan manusia, seseorang akan cenderung menikmati momen-momen dalam kehidupannya secara hikmat. Namun, apa yang terjadi sekarang? Orang-orang cenderung sibuk untuk mengeluarkan handphonenya ketika ada suatu momen yang harusnya bisa dinikmati secara sungguh-sungguh. Hal ini tentu saja bukan menjadi suatu hal yang baik, kan?

Ritual makan bersama tidak lagi terasa menyenangkan

Jangan Salah Sangka, Perkembangan Teknologi Juga Bisa Memberikan Dampak Buruk

Beberapa pakar menyebutkan bahwa makan bersama dengan orang terdekat dan atau orang tersayang bisa menjadi salah satu media yang mampu meningkatkan rasa keterikatan antara satu dengan yang lain. Saat makan bersama, ada banyak sekali hal yang bisa dibicarakan. Hal ini tentu saja akan meningkatkan kualitas hubungan yang dimiliki. Kegiatan masing-masing anggota keluarga bisa diceritakan saat makan malam tiba. Namun, sayangnya hal tersebut tidak lagi menjadi hal yang diperhatikan sekarang ini. Kebanyakan orang sudah terfokus kepada telepon genggam masing-masing dan melupakan arti sebenarnya dari makan malam.

Mudah terdistraksi padahal ada banyak sekali pekerjaan yang harus diselesaikan

Jangan Salah Sangka, Perkembangan Teknologi Juga Bisa Memberikan Dampak Buruk

Keberadaan media sosial memang menjadi salah satu hal yang membahagiakan. Bagaimana tidak, komunikasi antara satu orang dengan orang yang lain bisa terasa semakin mudah dan murah. Namun, hal tersebut ternyata justru mengundang dampak buruk. Menurut penelitian, sudah banyak pekerja yang mudah terdistraksi dengan keberadaan media sosial. Ketika waktu bekerja masih berlangsung, para pegawai sibuk melakukan cek terhadap pemberitahuan di media sosial masing-masing. Hal ini tentu saja memengaruhi produktivitas yang dimiliki oleh mereka. Bila produktivitas terus menurun, tentu saja ini merupakan suatu hal yang buruk bagi perusahaan di mana para pegawai bekerja.

Kualitas tidur menjadi terganggu

Tidur adalah saat yang tepat dan krusial yang dimiliki oleh tubuh untuk kembali mendapatkan energinya. Tubuh akan mulai menyiapkan kondisinya agar tetap dapat digunakan secara optimal untuk melakukan berbagai macam aktivitas di keesokan harinya. Hal itu nampaknya sedikit terganggu sekarang ini. Banyak orang yang masih memainkan gawainya bahkan ketika waktu istirahat datang. Alhasil, banyak orang yang menghabiskan waktu tidurnya dengan letak gawai yang tidak jauh dari tempatnya beristirahat. Bila terus dibiarkan, hal ini tentu saja dapat mengganggu kesehatan.

Setelah mengetahui beberapa dampak kurang baik dari perkembangan teknologi, apakah kamu masih ingin meneruskannya? Teknologi memang baik untuk digunakan, tapi pastikan untuk menggunakannya sesuai dengan porsi sewajarnya.

Recommended For You

About the Author: lapis3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *