Hal yang Harus Kamu Lakukan Agar Baterai Android Awet dan Tahan Lama - Lapis Tiga

Hal yang Harus Kamu Lakukan Agar Baterai Android Awet dan Tahan Lama

Teknologi semakin mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapat dari perkembangan teknologi yang ada. Salah satu teknologi yang hampir selalu digunakan adalah telepon pintar atau biasa disebut dengan smartphone.

Sistem operasi yang bisa digunakan dalam telepon genggam pintar ada beberapa macam. Namun, salah satu yang paling banyak digunakan adalah sistem operasi android. Sistem operasi ini memiliki banyak versi yang selalu diperbarui setiap waktunya. Pembaruan tersebut tentu saja agar pengalaman seseorang dalam menggunakan alat komunikasi ini semakin meningkat.

Sistem operasi android memungkinkan penggunanya untuk menggunakan jutaan aplikasi yang bisa digunakan untuk keperluan apa saja. Keperluan tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Nah, untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut, terkadang manusia tidak memerhatikan aspek kecil yang memengaruhi kondisi baterai. Baterai menjadi perlengkapan di telepon pintar sehingga gawai tersebut bisa tetap digunakan. Bagaimana cara merawat baterai smartphone?

Terlalu sering mengisi ulang membuat baterai tidak terlalu awet

Hal yang Harus Kamu Lakukan Agar Baterai Android Awet dan Tahan Lama

Cara bagaimana baterai telepon pintar bisa kembali digunakan adalah dengan melakukan pengisian ulang daya yang ada. Cara mengisi ulang baterai telepon pintar biasanya membutuhkan waktu beberapa saat, biasanya membutuhkan waktu dalam hitungan jam. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah jangan terlalu sering melakukan pengisian ulang.

Terlalu sering melakukan hal tersebut dapat membuat baterai menjadi cembung sehingga tidak lagi bisa digunakan. Agar daya baterai tidak cepat habis, usahakan batasi penggunaan telepon pintar anda. Atau bila memang anda harus melakukan banyak hal, cari baterai telepon yang bisa menampung daya yang cukup besar dalam sekali pengisian ulang.

Perhatikan waktu pengisian ulang

Hal yang Harus Kamu Lakukan Agar Baterai Android Awet dan Tahan Lama

Waktu pengisian ulang daya baterai juga dapat berpengaruh terhadap awet atau tidaknya baterai yang anda miliki. Pengisian yang terlalu lama menyebabkan baterai menjadi tidak awet karena daya terus mengalir padahal sudah tidak ada lagi ruang yang bisa digunakan untuk menampungnya.

Selain itu, ada hal lain yang harus diperhatikan, yaitu jangan melakukan pengisian ulang daya baterai sampai baterai benar-benar habis. Peringatan yang diberikan oleh telepon pintar mengenai daya baterai menjadi hal yang harus selalu diperhatikan. Bila pengisian dilakukan ketika daya benar-benar habis, hal ini akan memengaruhi awet atau tidaknya baterai yang digunakan.

Perhatikan suhu ruangan di sekitar

Hal yang Harus Kamu Lakukan Agar Baterai Android Awet dan Tahan Lama

Suhu ruangan di mana telepon pintar digunakan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Suhu ruangan yang panas mengakibatkan baterai juga menjadi cepat panas. Hal ini tentu saja menjadi salah satu hal buruk yang harus dihindari. Tidak lain tujuannya adalah agar baterai telepon pintar tetap awet dalam jangka waktu yang lama. Bila suhu ruangan sedang tidak normal, batasi dulu penggunaan telepon pintar untuk menjaga keamanan gawai yang sedang digunakan.

Jangan terlalu sering membenturkan baterai

Salah satu kebiasaan buruk yang masih banyak dilakukan oleh pengguna gawai adalah entah secara sengaja ataupun tidak sengaja, gawai terbentuk oleh permukaan benda lain yang lebih keras. Benturan yang dialami oleh baterai dan telepon pintar mengakibatkan dampak buruk yang tidak bisa dihindari. Kondisi tersebut sebisa mungkin untuk dihindari karena baterai menjadi tidak awet.

Beberapa tips yang telah disebutkan semoga semakin bisa membuat anda lebih memerhatikan kondisi baterai. Jangan sampai gawai yang anda miliki menjadi tidak bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama karena kelalaian dalam penggunaannya.

Recommended For You

About the Author: lapis3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *