Ayo Bernostalgia dengan Teknologi dari Masa Kecil yang Telah Kita Lalui - Lapis Tiga

Ayo Bernostalgia dengan Teknologi dari Masa Kecil yang Telah Kita Lalui

Perjalanan teknologi yang telah nyaman untuk kita gunakan sekarang ini telah mengalami pembaruan dari teknologi sebelumnya. Dalam dunia teknologi, manusia seakan tidak pernah puas dengan apa yang telah dicapai. Selalu ada perkembangan yang rasanya semakin memudahkan kehidupan manusia. Kemudahan tersebut dapat membantu berbagai macam pekerjaan yang sekarang harus diselesaikan oleh manusia.

Perkembangan tersebut membawa beberapa dampak, baik dari dampak baik atau dampak buruk. Dampak baiknya adalah seperti yang telah disebutkan sebelumnya, perkembangan teknologi membantu seseorang untuk bisa cepat dalam menyelesaikan pekerjaannya. Sedangkan dari segi negatifnya adalah perkembangan teknologi dapat membuat seseorang ketergantungan sehingga mencetak generasi yang lebih malas dan tidak menghargai proses.

Namun, di balik semua dampak yang diberikan oleh perkembangan teknologi, ternyata menyenangkan untuk melihat kembali teknologi apa saja yang sudah pernah manusia gunakan. Teknologi-teknologi tersebut semakin tergerus oleh waktu karena munculnya berbagai macam teknologi baru yang lebih memiliki kegunaan yang signifikan. Melihat kembali teknologi yang pernah digunakan juga bisa dijadikan sarana oleh seseorang untuk bernostalgia. Apa saja?

Disket

Disket merupakan salah satu teknologi yang digunakan untuk menyimpan data digital. Disket memiliki kapasitas yang tidak terlalu besar. Hal tersebut menjadikan disket semakin tertinggal ketika ada ruang penyimpanan lain yang memiliki ukuran yang lebih besar. Keberadaan hardisk internal, flashdisk dan ruang penyimpanan menjadi penganti disket sehingga teknologi tersebut semakin ditinggalkan. Hal unik yang biasa dilakukan oleh manusia menggunakan disket adalah memberi nama file di setiap disket. Hal ini terasa mengasyikan untuk dilakukan dan sangat menarik untuk kembali dikenang.

Overhead Projector

Apakah kamu terbiasa menggunakan LCD projector untuk mempresentasikan sebuah tugas atau pekerjaan? Ternyata hal tersebut sudah sejak lama digunakan oleh manusia. Hal pembedanya adalah bila sekarang ini hal tersebut semakin mudah dilakukan karena adanya LCD projector, dahulu manusia menggunakan overhead projector. Overhead projector membutuhkan kertas yang sudah diisi oleh berbagai macam hal yang ingin dipresentasikan. Semua kertas tersebut harus digerakkan secara manual sehingga sedikit membuat repot bila ada banyak hal yang harus dipresentasikan.

Gimbot

Gimbot merupakan bentuk salah satu permainan yang sangat banyak digunakan oleh anak kecil zaman dahulu. Permainan ini sangat menghibur bagi sebagian orang karena kebahagiaan yang bisa didapatkan dengan menggunakan gimbot. Permainan ini terasa sangat diperebutkan oleh banyak anak kecil karena memang memberikan hiburan yang sangat besar manfaatnya.

mIRC

MIRC

Apakah kamu terbiasa menggunakan aplikasi chatting? Ternyata hal tersebut sudah digunakan oleh manusia sejak zaman dahulu. Meskipun variannya tidak sebanyak sekarang, tapi ada satu aplikasi chatting yang banyak sekali digunakan oleh orang-orang. Aplikasi chatting tersebut bernama mIRC. mIRC memungkinkan penggunanya untuk saling bertukar sapa dan kabar melalui teks. Teks yang dikirim bisa dilengkapi juga dengan emoji sehingga menambah keseruan orang-orang yang sedang melakukan chatting. Selain dilakukan antar individu, aplikasi chatting ini juga bisa digunakan dalam bentuk berkelompok.

Alfalink

Siapa yang tidak mengenal teknologi ini? Alfalink merupakan kamus digital yang memungkinkan penggunanya untuk mencari arti bahasa luar negeri menjadi bahasa yang diinginkan. Berbagai jenis Alfalink memiliki spesifikasinya masing-masing. Ada Alfalink yang hanya bisa digunakan untuk mengalihbahasakan suatu kata. Ada pula Alfaink yang bisa digunakan untuk mencari tata kalimat yang tepat untuk digunakan.

Melihat kembali teknologi yang pernah digunakan seharusnya membuat kita bersyukur akan perkembangan yang terjadi sekarang ini.

Recommended For You

About the Author: lapis3

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *